Mengenal User dengan Ekspektasi Tinggi

Memahami user wajib hukumnya untuk setiap lini bisnis. Ini bisa membantumu mengetahui kondisi pasar, membuat keputusan bisnis, serta menjadi basis solusi setiap permasalahan produkmu.

Banyak kisah sukses dari startup unicorn yang dilandasi dari pemahaman user yang kuat, Youtube misalnya. Berbeda dengan situs berbagi video lain, Youtube memfokuskan diri pada produk mereka dan menjadikannya ‘panggung’ bagi setiap orang. Youtube memprioritaskan para user dan berupaya menggugah perasaan user dengan rutin menampilkan video populer, karena Youtube fokus menjual ‘emosi’.
Kesuksesan Youtube berawal dari keberhasilannya memahami user. Bukan sembarang user, melainkan user dengan ekspektasi tinggi atau high-expectation customer (HXC).

HXC atau high-expectaction customer adalah konsumen paling cerdas yang ada dalam target demografi produkmu. Mereka adalah konsumen terpercaya untuk mengetahui pasar dan menjadi pedoman jitu dalam membuat keputusan yang baik. Jika produkmu bisa melebihi ekspektasi mereka, produkmu pasti bisa memenuhi ekspektasi konsumen lainnya. Posisi HXC ini menjadi penting karena mereka adalah konsumen terpercaya untuk mengetahui pasar dan menjadi pedoman jitu dalam membuat keputusan yang baik.

Dengarkan kata mereka. Sebagai user ideal, kamu perlu mendengarkan apa tanggapan mereka mengenai produkmu, masalah yang mereka hadapi, serta kebutuhan dan keinginan mereka. Memahami HXC membantumu menajamkan fokus bisnis. Layaknya sebuah hubungan personal, kamu dan seluruh tim juga harus menyukai dan bersedia membangun hubungan yang lebih erat dengan HXC. Brian Chesky, CEO Airbnb mengatakan, seluruh tim harus sepakat bahwa HXC tersebut layak untuk mereka layani dan dijadikan aspirasi.