Tentang Kami

Pandangan kami tentang entrepreneurship

Pandangan Kami

Entrepreneurship adalah seperangkat SIKAP yang dibutuhkan dan relevan diterapkan di berbagai konteks di luar kepentingan merintis dan mengembangkan usaha.

Entrepreneurship dibutuhkan oleh siapa pun, mulai dari siswa dan pelajar, para profesional atau self employed, pegawai pemerintah, hingga pegawai di perusahaan yang masih jauh dari usia pensiun. Kesemua ranah ini berisikan mereka-mereka dengan potensi dan keterampilan (skill) yang luar biasa, yang bila digerakkan dengan sikap entrepreneurship, maka kontribusi yang optimal akan dapat tercapai.

Kami Menjalani Entrepreneurship sebagai GAYA HIDUP

dimulai dari visi dikembangkan dengan sinergi

Kontribusi Optimal dimulai dari SEED

Launch Embryo dengan Sinergi

Dalam peran apapun, kontribusi optimal dimulai dengan penetapan ide entrepreneurial sebagai suatu bibit (SEED), yang kemudian dimatangkan dalam bentuk prototip yang sederhana sebagai EMBRYO, yang siap di-LAUNCH setelah sebelumnya mengupayakan langkah-langkah SINERGY baik untuk mendapatkan buy-in atau sekedar untuk memastikan produk/solusinya dapat ter-deliver secara optimal.

Makna Preneur - Prendre

bagian dari... - pengelola

“Preneur” pada istilah “Entrepreneur”, dari bahasa Perancis yang artinya bagian; yang mengartikan bahwa seorang wirausaha merupakan bagian yang akan optimal bila bekerja dengan orang lain (alih-alih sebagai self employed, semisal).

Preneur juga bisa dimaknai pengelola yang melakukan segalanya, dari asli kata “prendre”. Ini mengartikan wirausaha merupakan pribadi yang bersiap melakukan banyak hal dengan bersenjatakan keterampilan.

Founder

SkillPreneur didirikan oleh Budi Suryanto dan Akhmad Guntar, dengan sinergi bersama para praktisi dan akademisi dari Manajemen Bisnis ITS.

Budi Suryanto

Budi Suryanto menerapkan entrepreneurial mindset selama 18 tahun berkiprah di PT HM Sampoerna Tbk.

Mengawali karirnya sebagai Information System Officer, digerakkan oleh visi pribadi untuk “Hidup harus berPRESTASI dan meninggalkan PRASASTI untuk memberi INSPIRASI”, menjadi corporate entrepreneur dan berangsur dipercaya pada amanah penting seperti Trade & Cycle Manager dan Manager Marketing.

Di tepat usia 40 tahun, memenuhi janjinya pada diri sendiri untuk resign dan menjadi entrepreneur. Merintis beberapa usaha dari nol dan melakukan akuisisi beberapa bisnis.

  • Saka Logistics (PT. Saka Multitrans Nusantara) –  perusahaan Freight Fowarding & Trucking
  • PAA Indonesia  (PT.Pelangi Artha Anugrah) –  perusahaan jasa penyedia tenaga kerja
  • Vido Garment (PT. Vido Garment Indonesia) –  perusahaan konveksi
  • Maxklin – Bisnis di bidang cleaning service
  • Digital360 – Bisnis di bidang layanan digital marketing
  • SkillPreneur – Bisnis di bidang pembinaan bisnis  – kewirausahaan

 

Akhmad Guntar

Guntar memulai dan menjalani dunia entrepreneurship dalam gaya akademisi yang penuh pengukuran dan konsideran.

Diawali dari ITS Surabaya, Guntar memimpin unit kegiatan bisnis di ITS dan menjalani bisnis jasa pelatihan softskill dan software selama kuliah S1 Informatika.

Pernah memiliki track record berturut-turut meraih indeks prestasi 4.0 selama studi di ITS, Guntar masuk ke bisnis pengembangan perangkat lunak dan online publishing selepas kuliah.

Setelah menyelesaikan studi S2 di Teknik Industri ITS, Guntar sempat menjadi dosen di Jurusan Manajemen Bisnis, sebelum akhirnya menekuni profesi sebagai konsultan di bidang manajemen kinerja & business intelligence sembari mendirikan bisnis identifikasi dan pengembangan bakat.

Guntar terlibat secara intens di komunitas bisnis Wirausaha Muslim dan Genpro sebagai salah satu pembina dan perancang kurikulum pembelajaran bisnis, serta secara langsung pernah dilatih oleh Coach Daru dari Hijrah Coach.